GMD News & Updates

Halaman ini berisi tentang berita2 terkini seputar GMD

News / Artikel

Kenali Hipertensi

December 31, 2017 oleh Artikel

Bagikan:

Penyakit hipertensi merupakan the silent disease karena orang tidak mengetahui dirinya terkena hipertensi sebelum memeriksakan tekanan darahnya. Hipertensi merupakan penyebab terbesar dari kejadian stroke, baik tekanan darah sistolik maupun diastoliknya (Rudianto, 2013). WHO (World Health Organization) tahun 2011, hipertensi dikenal sebagai penyakit kardiovaskular. Diperkirakan telah menyebabkan 30% dari kematian di seluruh dunia dan prevalensinya sebesar 37,4%.

Menurut Depkes (2008) berdasarkan hasil Riskesdas tahun 2007, prevalensi hipertensi di Indonesia mencapai 31,7% dari populasi pada usia 18 tahun ke atas. Dari jumlah itu, 60% penderita hipertensi berakhir pada stroke. Sedangkan sisanya pada jantung, gagal ginjal, dan kebutaan.

Meningkatnya hipertensi dipengaruhi oleh gaya hidup yang tidak sehat. Hal-hal yang termasuk gaya hidup tidak sehat, antara lain merokok, kurang olahraga, mengonsumsi makanan yang kurang bergizi, dan stres (Nisa, 2012). Hasil penelitian yang dilakukan oleh Syahrini dkk (2012) mengenai faktor- faktor risiko yang berhubungan dengan hipertensi primer yaitu obesitas, makanan berlemak, dan kebiasaan konsumsi garam, sedangkan merokok, konsumsi alkohol, dan konsumsi kafein tidak ada hubungan dengan kejadian hipertensi, sedangkan hasil penelitian Widjaja dkk (2013) bahwa tidak ada hubungan antara aktifitas fisik dengan kejadian hipertensi.

Hipertensi merupakan penyakit yang kasusnya dapat meningkat baik pada masyarakat perkotaan maupun pedesaan. Terjadinya hipertensi pada usia dewasa muda dipengaruhi oleh gaya hidup, seperti pola makan, merokok, dan aktifitas fisik (Junaidi, 2010). Desa Pondok yang jaraknya dekat dengan kota Sukoharjo dan adanya gaya hidup modern telah mengubah sikap dan perilaku manusia. Oleh karena itu peneliti bermaksud untuk mengadakan penelitian tentang hubungan antara gaya hidup dengan kejadian hipertensi pada usia dewasa muda.

Hipertensi atau darah tinggi adalah penyakit kelainan jantung dan pembuluh darah yang ditandai dengan peningkatan tekanan darah. WHO (World Health Organization) memberikan batasan tekanan darah normal adalah 140/90 mmHg, dan tekanan darah sama atau diatas 160/95 mmHg dinyatakan sebagai hipertensi. Batasan ini tidak membedakan antara usia dan jenis kelamin (Marliani, 2007).

FAKTOR RESIKO YANG MEMPENGARUHI HIPERTENSI
Menurut Elsanti (2009), faktor resiko yang mempengaruhi hipertensi yang dapat atau tidak dapat dikontrol, antara lain Faktor Resiko Yang Tidak Dapat Dikontrol yaitu, jenis kelamin, umur, keturunan (genetik) dan faktor resiko yang dapat dikontrol yaitu Obesitas, kurang olahraga, kebiasaan merokok, mengkonsumsi garam berlebih, minum alcohol, minum kopi dan stress

Bagikan: